Apa Kabar Sahabat POHON INSPIRASI

Blog Berbagi Cinta dan Inspirasi untuk Alam
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Kamis, 02 Juni 2011

Kamis, 02 Juni 2011

Tentang Komunitas Pohon Inspirasi

TENTANG KOMUNITAS POHON INSPIRASI
Oleh : Achmad Sidik Thoha*

Sejak 07 Januari 2010, secara pribadi saya memulai membuat grup untuk menyebarluaskan ide pribadi dalam tulisan inspirastif ke kalangan umum via grup POHON INSPIRASI (PI). Tulisan yang diposting di Grup ini awalnya hanya kumpulan uneg-uneg saya pribadi tentang pohon. Kemudian dari masukan sahabat PI, tulisan dengan tema lain sangat diapresiasi positif. Link PI dapat dikunjungi di http://www.facebook.com/home.php?sk=group_252023969112&ap=1

Pada perkembangannya, dan tentu saja Berkah dari Allah, PI banyak diminati dan dirasa memberi manfaat bagi sahabat PI (member). Dalam dua pekan terakhir (oktober 2010)  sahabat yang bergabung meningkat 700 orang (total saat ini 2.646).  Pada
17 Maret 2011 sudah mencanggota mencapai 4.449 dan saat ini mencapai 4.500 member. Jumlah ini memang tidak sebanyak grup yang dikelola oleh kalangan penulis dan praktisi lain. Namun yang membuat saya bersemangat bahwa ada manfaat dari sebuah tulisan yang sebelumnya tak pernah saya sangka.

Ada sahabat PI yang meminta izin untuk membukukan secara pribadi untuk dibacakan pada adiknya yang saat ini mengalami stress berat. Dia yakin tulisan-tulisan di PI bisa menjadi jalan bangkitnya adik tersebut.

Beberapa tulisan di PI atas izin saya di posting di berbagai catatan pribadi FB, blog pribadi dan menjadi pengisi kolom di buletin-buletin instansi. Tentu saja saya meminta mereka untuk mencantumkan POHON INSPIRASI dan penulisnya ketika memuat atau menyebarluaskan di tempat lain. Ada anggota yang menterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sehingga ada orang luar yang tertarik dengan tulisan dan kutipan-kutipan di PI.

Ada beberapa orang yang mengaku bahwa tulisan di PI dapat membangun jiwanya, memberi pandangan baru dalam hidup dan mengalami peningkatan semangat. Tercerahkan pandangan hidupnya dan mendapat jawaban atas permasalahan hidupnya.

Subhanallah...sesuatu yang sama sekali saya tidak pernah menyangkanya. 

Sejak bencana Alam, PI juga aktif berbagi info dan cerita langsung dari korban dan pengungsi. Beberapa relawan dan warga Jogja yang juga sahabat PI, dengan antusias berbagi kisah di PI. Kisah dari lokasi bencana dari PI, dijadikan rujukan beberapa grup FB lain.

Kini PI digawangi oleh administator (Grup Facebook) dengan kemampuan dan pengalaman menulis yang cukup diandalkan.

Tatiek Kancianiati, seorang reporter, public relations manajemen zakat dan  seorang ibu. Beliau rajin mempromosikan tulisan di PI ke Media Nasional.  Beberapa tulisan di PI telah dimuat tiap bulan di Majalah KHALIFAH, Majalah Inspirasi dan Motivasi.

Teita Futsufeita, seorang perawat dan penulis cerpen. Punya banyak pengalaman menulis dari pengalamannya sebagai perawat dan beberapa kali memenangkan lomba menulis.

Galuh Chysanty, seorang ibu yang tulisannya diterbitkan bersama Asma Nadia dkk dalam buku SAKINAH BERSAMAMU

Tyas efendi, penulis novel dari kota Malang dengan puisinya sebagai kekuatan tulisannya. Dia telah menerbitkan Novel ”Izinkan Aku Bersujud” yang diterbitkan oleh Mizania (Versi Indonesia) dan Penerbitan Pelangi Selangor (Sdn. Bhd. Malaysia) dalam versi Malaysia.

Mulai tanggal 21 Nopember 2010. PI mulai membuat program konkrit bagi anggota dan masyarakat. Berkolaborasi dengan Lembaga Alam Tropika Indonesia (LATIN), PI mengadakan acara Peringatan hari Pohon Sedunia dengan lomba mewarnai gambar pohon, diskusi, pengenalan lingkungan hutan dan penanaman bibit  pohon di kawasan hutan penelitian Dramaga Situ Gede Kota Bogor.  Acara di ikuti sekitar 50 orang dari kalangan anak-anak hingga orang tua. Acara ini dikuti olah anggota PI dari Bogor, Jakarta, Tangerang dan Bandung.

Beberapa Media telah merilis acara ini Radio Sipatahunan Bogor, Radar Bogor an TV Megaswara Bogor. Dana berasal dari donasi sesama anggota.

Kemudian, anggota lain dari Bandung, yang ingin meluaskan kecintaan masyarakat terhadap pohon, tanggal 25 Nopember 2010.mengadakan acara penanaman pohon di TK Amanah Bandung. Semua muri diajak mencintai pohon dengan jalan menanam dan merawatnya.

Melalui jaringan anggota yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara dari Aceh hingga Papua, ternyata Ada Sahabat PI, dengan dana mandiri dan dukungan antar anggota, juga mengadakana cara di tempat lain. Sahabat PI di Malang juga mengadakan acara Peringatan Hari Pohon Sedunia dan Hari Menanam Nasional tanggal 28 Nopember 2010 di Kawasan Velo Malang.  Acara berupa pembagian bibit buah-buahan ke masyarakat dan menanamnya di lingkungan masing-masing.

Pada bulan Desember kembali PI mengadakan acara berupa Pendidikan Lingkungan bertajuk “POHON ISTANAKU : bermain, belajar dan menanam bersama Pohon” yang diadakan pada 19 Desember 2011 yang diikuti oleh 30 peserta anak-anak dan Ibu-ibu dari Kelurahan Situgede Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor. Acara ini berisi permainan di alam, jelajah hutan, mewarnai gambar dengan bahan alami dan menanam bibit pohon.

Sebagai wujud nyata kepedulian pada kelestarian sumberdaya air, POHON INSPIRASI bersama Lembaga Alam Tropika Indonesia (LATIN) akan mengadakan Peringatan Hari Air Sedunia yang dicanangkan oleh PBB pada setiap 22 Maret. Pada Tahun 2011, Tema Umum yang dicetuskan PBB adalah “WATER FOR CITIES”. Acara kita akan dilaksanakan pada  Tanggal 20 dan 27 Maret 2011 adalah - Demo Pembuatan Biopori, - Penanaman dan Perawatan Bibit Pohon, - Presentasi dan Diskusi Inspirasi dari Pohon, - Family Tacking melintasi Hutan Situgede, - Menyusuri Pinggiran Sungai Cisadane,  Lomba Pembuatan Terarium dan Pelatihan Pemanfaatan Sampah Rumah Tangga untuk Produk Bernilai Ekonomi

Pada Tanggal 23 April 2011, Komunitas PI di Medan berkolaborasi dengan berbagai LSM di Medan mengadakan Peringatan Hari Bumi 2011 dengan tema “WARNA WARNI BUMI : Ayo Buat Bumi Tersenyum”. Acara Hari Bumi ini berupa pawai anak ramah lingkungan, lomba mewarnai dengan bahan alami, penanaman pohon, pameran dan krativitas dari sampah.

Selain melalui kegiatan posting artikel isnspiratif dan artikel lingkungan ke seluruh anggota PI hampir tiap hari, PI juga mensosialisikan kepedulian terhadap lingkungan melalui mengirim artikel ke media (Majalah) dan  siaran radio. PI pernah mengisi acara Talkshow di Radio Simphony Medan, dan Radio Sipatahunan Bogor. Tulisan salah satu admin PI juga menghiasi majalah Nasiolal seperti TARBAWI dan KHALIFAH, sebuah majalah inspirasi dan motivasi. Tulisan PI juga dibacakan juga di RadioAzam FM Tanjung Balai Karimun Kepulauan Riau dan direkam dalam bentuk mp3. Sebuah Majalah Nasional, Tarbawi, pernah memuat liputan kegiatan PI pada Rubrik Kearifan Komunitas dengan judul “Gerakan Moral Mencintai Pohon” (Tarbawi Edisi 249/Th. 12 21 April 2011).

Saat ini PI yang berawal dari grup FB bernama POHON INSPIRASI dalam aktifitas nyata memakai nama Komunitas Pohon Inspirasi yang juga dapat dikunjungi di FB di link 



Komunitas PI akan terus berupaya konsisten untuk menyebarluaskan budaya menanam dan merawat pohon melalui berbagai kegiatan online maupun offline khususnya pemberdayaan masyarakat melalui partisipasi anggota FB dalam kegiatan pengelolaan lingkungan hidup.


* Pendiri Grup Facebook POHON INSPIRASI dan Fan Page “Komunitas Pohon Inspirasi

2 komentar:

Satria Marali mengatakan...

Subhanalloh,saya secara pribadi terharu & bersyukur pada Allah Tuhan pencipta alam semesta. Tidak berlebihan kiranya jika apresiasi saya ini akan selalu mendukung terus gerak langkah sahabat-sahabat PI dalam memperjuangkan kelestarian alam sekitar untuk masa depan generasi bangsa. Dengan membaca & melihat isi blog ini, wacana pemikiran saya mnjadi semakin tercerahkan, jiwa saya semakin dimantapkan karena kini saya tidak sendirian lagi utk berbagi inspirasi alam dalam kehidupan.Saya punya sahabat-sahabat inspiratif, kreatif, solutif & produktif dlm aktialisasi kegiatan-kegiatan/hal-hal positif.

georgeus mengatakan...

[SHARE]
Informasi program beasiswa tanpa TEST dalam dan luar negeri bagi Mahasiswa, Dosen, Pegawai Aparatur Sipil Negara (GURU & PNS), maupun Swasta dan UMUM:
Beasiswa S1 Dalam Negeri
Beasiswa S1 UI
Beasiswa S1 UNDIP
Beasiswa S1 UGM
Beasiswa S1 UNPAD
Beasiswa S1 Luar Negeri (SINGAPURA) + Uang Saku + Biaya Hidup $2000/bln
Beasiswa S1 Luar Negeri (MALAYSIA) + Uang Saku + Biaya Hidup $2000/bln
Beasiswa S1 Luar Negeri (MESIR) + Uang Saku + Biaya Hidup $2500/bln

Beasiswa S1 Luar Negeri (JPN) + Uang Saku + Biaya Hidup $2500/bln

Beasiswa S1 Luar Negeri (AUS)+ Uang Saku + Biaya Hidup $3000/bln
Beasiswa S2 Luar Negeri (AUS) + Uang Saku + Biaya Hidup $3500/bln

Beasiswa S2 Luar Negeri (JPN) + Uang Saku + Biaya Hidup $3500/bln
Beasiswa S2 Luar Negeri (US) + Uang Saku + Biaya Hidup $5000/bln

Beasiswa S2 Luar Negeri (JERMAN) + Uang Saku + Biaya Hidup $4500/bln
Beasiswa S2 Luar Negeri (INGGRIS) + Uang Saku + Biaya Hidup $4500/bln
Beasiswa S2 Luar Negeri (PARIS) + Uang Saku + Biaya Hidup $4500/bln
Beasiswa S2 Luar Negeri (MESIR) + Uang Saku + Biaya Hidup $3500/bln

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates