Apa Kabar Sahabat POHON INSPIRASI

Blog Berbagi Cinta dan Inspirasi untuk Alam
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Sabtu, 11 Juni 2011

Sabtu, 11 Juni 2011

Liputan Peringatan Hari Air Sedunia POHON INSPIRASI

LATIN dan Komunitas POHON INSPIRASI Menanam Bibit Pohon dan Berlatih Membuat Biopori di Peringatan Hari AIR SEDUNIA 2011

Pagi yang cerah di Hari Minggu, 20 Maret 2011 diiringi kicauan burung dan suara aliran sungai Cisadane di Kelurahan Situgede Bogor Barat Kota Bogor. Dua puluhan orang berkumpul di Pendopo Lembaga Alam Tropika Indonesia (LATIN) dengan penuh semangat. Nyanyian dan yel-yel semangat mengawali acara Peringatan Hari Air Sedunia diadakan oleh POHON INSPIRASI dan LATIN yang mengambil tema “Menanam  dan Merawat Pohon serta Memanfaatkan Limbah Untuk Kelestarian Air“ berlangsung semarak. Acara ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan partisipasi masyarakat untuk memelihara dan memperbaiki kondisi sumberdaya air.

Para peserta kemudian mendengarkan dengan antusias tanyangan Slide tentang Air dan Kehidupan serta Film tentang Kondisi Air di Dunia yang dipandu oleh Pendiri Grup FacebookPOHON INSPIRASI, Achmad Siddik Thoha. Mereka terhenyak melihat tayangan yang mengungkapkan keprihatinan masyarakat dunia tentang kelangkaan air dan meluasnya penyakit akibat kondisi sanitasi buruk dan air kotor.

Acara berikutnya adalah Presentasi dan Demonstrasi pembuatan Lubang Biopori (LBP) yang dibawakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah Institut Pertanian Bogor (IPB). Peserta sangat antusias mempraktekkan alat LBP di tanah terbuka di komplek LATIN. Banyak pertanyaan yang terlontar karena LBP sangat menjanjikan untuk berperan dalam mengurangi sampah dan genangan air khususnya di daerah perkotaan.

Hari semakin siang, namun para peserta semakin semangat karena mereka akan segera menjelajahi hutan dan melihat keindahan Sungai Cisadane. Penjelajahan hutan melintasi jalur yang tidak mudah. Jalanan menurun dan licin harus dilewati oleh para peserta. Jalanan semakin menantang ketika peserta harus melewati pinggiran Sungai Cisadane untuk menuju Jeram sungai yang memiliki pemandangan sangat indah. Ada peserta berusia dua tahun yang tadinya takut meniti pinggiran sungai yang licin akhirnya melonjak gembira ketika sampai di pinggiran Jeram. Memang air Sungai Cisadane tidak lagi jernih, namun keindahan hutan yang ada disisi kanan-kiri sungai bisa mempertahankan keindahan sungai yang terkenal untuk kegiatan Arung Jeram ini. Setelah menikmati keindahan dan kesejukan air Sungai Cisadane peserta melanjutkan perjalanan melintasi areal tanaman Murbei yang merupakan tanaman makanan ulat sutera.

Penjelajahan hutan dan sungai akhirnya mencapai tempat yang dijanjikan panitia yaitu area penanaman bibit. Peserta menanam di areal lahan milik masyarakat yang pada Bulan Nopember Lalu juga ditanam oleh sahabat POHON dan LATIN . Sebanyak 80 bibit yakni Alpukat, Nangka, Mahoni dan Sengon di tanam di areal seluas 400 m. Total tanaman yang akan dirawat kemudian oleh POHON INSPIRASI dan LATIN sebanyak 150 bibit yang akan ditawarkan pada masyarakat umum dalam bentuk Donasi Pohon. Adapun sisa Bibit yang tersedia yakni 400 Bibit akan dibagikan kepada masyarakat sekitar untuk bisa ditanam di pekarangan mereka.
Setelah menanam, peserta masih harus menjalani kegiatan lain. Kegiatan ini sangat menyenangkan karena akan memanfaatkan bahan alam yang ada di sekitar hutan untuk membuat Terarium. Terarium yang sudah dibuat masing-masing kelompok kemudian mendapat penilaian dari panitia. Pada akhirnya, dua pemenang mendapat hadiah atas kratifitas mereka dalam membuat Terarium yang indah dan unik.

Pada akhir acara, Ketua Yayasan LATIN, Rudy Novira mengajak peserta dan generasi muda umumnya untuk terus menanam pohon dan melanjutkannya dengan perawatan. Acara Peringatan Hari Air Sedunia ni akan dilanjutkan dengan Pelatihan Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga untuk Produk Bernilai Ekonomisanggal 27 Maret 2011. Dalam waktu dekat, even menanam pohon akan terus dilanjutkan yaitu pada peringatan Hari Bumi 22 April dan Hari Lingkungan Hidup 6 Juni. Semoga acara Peringatan Hari Air yang diadakan oleh POHON INSPIRASI dan LATIN bisa menginspirasi banyak orang untuk berbuat untuk perbaikan alam.









 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates