Apa Kabar Sahabat POHON INSPIRASI

Blog Berbagi Cinta dan Inspirasi untuk Alam
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Minggu, 12 Juni 2011

Minggu, 12 Juni 2011

PI di Berbagai Kota di Indonesia

BOGOR DAN SEKITARNYA

Mulai tanggal 21 Nopember 2010. PI mulai membuat program konkrit bagi anggota dan masyarakat. Berkolaborasi dengan Lembaga Alam Tropika Indonesia (LATIN), PI mengadakan acara Peringatan hari Pohon Sedunia dengan lomba mewarnai gambar pohon, diskusi, pengenalan lingkungan hutan dan penanaman bibit  pohon di kawasan hutan penelitian Dramaga Situ Gede Kota Bogor.  Acara di ikuti sekitar 50 orang dari kalangan anak-anak hingga orang tua. Acara ini dikuti olah anggota PI dari Bogor, Jakarta, Tangerang dan Bandung.


Pada bulan Desember kembali Komunitas PI di Bogor dan sekitarnya mengadakan acara berupa Pendidikan Lingkungan bertajuk “POHON ISTANAKU : bermain, belajar dan menanam bersama Pohon” yang diadakan pada 19 Desember 2011 yang diikuti oleh 30 peserta anak-anak dan Ibu-ibu dari Kelurahan Situgede Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor. Acara ini berisi permainan di alam, jelajah hutan, mewarnai gambar dengan bahan alami dan menanam bibit pohon.

Sebagai wujud nyata kepedulian pada kelestarian sumberdaya air, POHON INSPIRASI bersama Lembaga Alam Tropika Indonesia (LATIN) akan mengadakan Peringatan Hari Air Sedunia yang dicanangkan oleh PBB pada setiap 22 Maret. Pada Tahun 2011, Tema Umum yang dicetuskan PBB adalah “WATER FOR CITIES”. Acara kita akan dilaksanakan pada  Tanggal 20 dan 27 Maret 2011 adalah - Demo Pembuatan Biopori- Penanaman dan Perawatan Bibit Pohon, - Presentasi dan Diskusi Inspirasi dari Pohon- Family Tacking melintasi Hutan Situgede- Menyusuri Pinggiran Sungai Cisadane Lomba Pembuatan Terarium dan Pelatihan Pemanfaatan Sampah Rumah Tangga untuk Produk Bernilai Ekonomi



BANDUNG

Komunitas PI di Bandung, juga ingin meluaskan kecintaan masyarakat terhadap pohon. Pada tanggal 25 Nopember 2010 mereka mengadakan acara penanaman pohon di TK Amanah Bandung. Semua muri diajak mencintai pohon dengan jalan menanam dan merawatnya.

Tanggal 22 April 2011 mereka juga mengadakan peringatan Hari Bumi dengan mengadakan pawai dengan memakai batik dan asesoris dari bahan alam serta membagi-bagikan air mineral pada Tukang Becak di kawasan Sekolah mereka (TK Amanah Bandung)

MALANG

Komunitas PI di Malang,, dengan dana mandiri dan dukungan antar anggota di seluruh Nusantara, juga mengadakan acara Peringatan Hari Pohon Sedunia . Sahabat PI di Malang mengadakan acara Peringatan Hari Pohon Sedunia dan Hari Menanam Nasional tanggal 28 Nopember 2010 di Kawasan Velo Malang.  Acara berupa pembagian bibit buah-buahan ke masyarakat dan menanamnya di lingkungan masing-masing.

MEDAN

Pada Tanggal 23 April 2011, Komunitas PI di Medan berkolaborasi dengan berbagai LSM di Medan, salah satunya COME, mengadakan Peringatan Hari Bumi 2011 dengan tema “WARNA WARNI BUMI : Ayo Buat Bumi Tersenyum”. Acara Hari Bumi ini berupa pawai anak ramah lingkungan, lomba mewarnai dengan bahan alami, penanaman pohon, pameran dan krativitas dari sampah.


SEBARAN Komunitas PI di Kota Lain


Saat ini, sudah terkonfirmasi lebih dari 100 anggota PI di seluruh Indonesia yang ingin ikut berpartisipasi dalam berbagi cinta dan inspirasi untuk alam. Anggota PI ada yang berasal dari Jogjakarta dan Jawa Tengah diantaranya dari Klaten, Semarang, Sragen, Purwokerto, Salatiga dan Banyumas. Banyak Anggota Komunitas PI dari Pulau Sumatera yaitu dari Lampung, Palembang, Jambi, Bengkulu, tam, BBatusangkar, Padang, Pekanbaru, Tanjung Pinang, Aceh dan Medan tentunya. Tak Ketinggalan Pulau Kalimantan juga tertarik dan aktif mendukung acara Komunitas PI dimana mereka berasal dari Pontianak, Kutai Kartanegara, Samarinda, Banajrmasin dan Balikpapan. Juga ada anggota Komunitas PI dari Mataram dan Lombok Barat. Jayapura dan Batulicin ternyata juga mengkonfirmasi keberadaan sahabat Komunitas PI.


Tentu saja, sahabat dari Jabodetabek sangat banyak. Mereka berdomisili di Jabodetabek yaitu Bogor, Jakarta, Bekasi, Tangerang, Depok. Tak ketinggalan sahabat Komunitas PI yang juga cukup banyak berasal dari Jawa Barat yaitu Bandung, Puwakarta, Cirebon, Garut, Sukabumi dan kota lain. Jawa Timur pun juga mengkonfirmasi bahwa ada Sahabat Komunitas PI yang terrtarik yang berasal dari Malang, Bojonegoro, Surabaya, Situbondo, Jember, Sidoarjo, Madiun, Sangat menarik bahwa komunitas PI juga menarik perhatian sahabat kita di luar negeri. Seorang Sahabat Komunitas PI dari Kuala Lumpur sudah mengkonfirmasi pada admin.


Terima kasih Sahabat semua, semoga kehadiran sahabat bisa menjadi kekuatan yang terus mengalirkan cinta dan inspirasi bagi alam.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates