Apa Kabar Sahabat POHON INSPIRASI

Blog Berbagi Cinta dan Inspirasi untuk Alam

Senin, 15 Februari 2016

Senin, 15 Februari 2016

Belajar Inspirasi dari Pohon di Kebun Raya Bogor bersama Komunitas Pohon Inspirasi

“Disini senang, disana senang, dimana-mana hatiku senang”

“Tangan dilambai-lambai, pinggul digoyang-goyang, bumi dinjak-injak, lompat-lompat”

Suara nyanyian serempak disertai gerakan badan membuat suasana hujan pada minggu pagi (31/1/2016) di Kebun raya Bogor (KRB) menjadi cerah dan ceria. Sebanyak 130 anak usia SD-SMP dari Bogor, Jakarta dan Bandung hanyut dalam suasana kegembiraan dalam acara Wisata Edukasi Lingkungan (WEL) yang diadakan oleh Komunitas Pohon Inspirasi. Hujan justru membuat lebih peserta bertambah semangat.

Selain Komunitas Pohon Inspirasi atau yang akrab dikenal dengan KPI, acara WEL ini juga mendapat dukungan dari berbagai pihak yaitu MCI, Tree Grower Community IPB, Komunitas Kongkrit dan OASE.

Dalam kegiatan ini dihadiri peserta berasal dari anak-anak kalangan dhuafa dan anak yatim umumnya berasal dari Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor yang selama ini dibina oleh KPI dalam program Sekolah Pohon Inspirasi. Terlihat anak-anak begitu antusias mengikuti setiap rangkaian kegiatan bertujuan untuk menambah pengetahuan dan kesadaran akan pentingnya pohon bagi lingkungan.
Agenda dimulai pukul 07.30 sampai 13.00 wib. Anak-anak di dampingi oleh instruktur yang berasal dari mahasiswa-mahasiswi IPB dan kampus terdekat yang ada diwilayah Bogor. Anak-anak dikenalkan dengan beberapa jenis pohon yang ada di Kebun Raya Bogor. Selain pengenalan pohon kegiatan diisi dengan rangkain games dan Dongeng Pohon.

Dalam pengenalan pepohonan mereka menelusuri jalur yang melewati sisi Istana Bogor, Danau Gunting, Taman Meksiko dan Taman Astrid di kawasan KRB. Selain Istana Presiden anak-anak peserta WEL menikmati “istana” lain di KRB yaitu pepohonan yang rindang, batangnya besar dan beraneka ragam bentuk dan manfaat. Itulah “istana” yang lebih banyak diperkenalkan oleh para fasilitator.

Hadir pula dalam kegiatan ini pendongeng asal Bandung, Bunda Cinta Rakhmawati ditemani rombongan SD Amanah Bandung untuk mengisi agenda edukasi ini. Bunda Cinta merupakan ssatu penggerak KPI di Kota Bandung. Ciri khas Bunda Cinta dalam mendongeng mampu membuat anak-anak antusias mendengarkan dongeng pohon yang dibawakan. Beberapa anak-anak larut dalam dongeng tentang burung dan pohon, sampai-sampai menunjuk-nunjuk burung yang sedang terbang di sekitar mereka duduk. Diharapkan dari dongeng pohon yang disampaikan mampu memberikan edukasi untuk anak-anak tentang pentingnya menjaga satwa dan melestarikan pohon karena pohon adalah tempat tinggal atau istana bagi banyak satwa.

Komunitas Pohon Inspirasi yang dikelola oleh penulis dan beberapa mahasiswa IPB ingin menjadikan wisata edukasi lingkungan ini sebagai sarana mendekatkan kehidupan anak-anak dengan lingkungan khususnya pohon. Dengan merasa dekat dengan pohon diharapkan mereka bertambah cinta dengan pohon. Pohon memiliki peran penting bagi kehidupan makhluk hidup. Semua berawal dari pohon. Pohon adalah istana bagi banyak kehidupan. Di pohon, banyak makhluk hidup ikut menikmati suasana bak istnana yang nyaman dan mewah. Ratusan bahkan ribuan makhluk hidup tumbuh, berkembang dan nyaman hidup dalam naungan pohon laksana istana yang indah dan megah. Dan di pohon sumber inspirasi hidup tanpa batas juga keluar darinya.

Jelang akhir acara hujan kembali mengguyur deras KRB. Herannya, anak-anak binaan KPI sebagian besar malah semakin menikmati suasana KRB dengan berlarian kesana-kemari. Sebagian lagi ada yang bermain bola di lapangan rumput dekat Taman Astrid.

Sebagai bentuk kepedulian kepada sesama, di akhir acara memberikan santunan dan bingkisan untuk anak-anak yatim dan dhuafa yang menjadi binaan Komunitas Pohon Inspirasi.
Terima kasih atas doa dan dukungan semua pihak yang telah membantu acara ini terselenggara dengan lancar dan aman. Senyuman seratusan anak-anak sungguh membuat hati ini sangat bahagia. Semoga senyum ceria anak-anak menambah keceriaan kehidupan sehari-hari di keluarganya. Aamiin.

Salam Lestari!
Achmad Siddik Thoha
Founder KPI

2 komentar:

Dewi Aja mengatakan...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

PAK BUDIMAN DI MALANG mengatakan...

saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates