Apa Kabar Sahabat POHON INSPIRASI

Blog Berbagi Cinta dan Inspirasi untuk Alam

Senin, 08 Juni 2015

Senin, 08 Juni 2015

Getaran Hati Warga Ciampea Bogor Menyambut Ramadhan

Pawai Tadzkirah Ramadhan Binaan KPI dan Warga Ciampea (dok. Siddik Thoha)
















Hati saya bergetar. Getaran itu muncul karena bunyi lantunan ayat-ayat suci Alquran yang memecah kesunyian pagi. Ayat-ayat yang dilantunkan anak-anak usia sekolah dasar menghangatkan pagi di Desa Benteng Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor.

Pagi ini seratusan orang, tua- muda, laki-laki-perempuan, dengan penuh semangat bergerak dari menuju masjid menyemarakkan tarhib Ramadhan. Tarhib Ramadhan, sebuah kegiatan yang jamak dilakukan kaum muslimin dalam rangka menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan. Tarhib Ramadhan di kampung saya dipusatkan di Masjid Nurul Huda, Perumahan Ciampea Asri Desa Benteng Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor.

Di kampung saya, acara tarhib tahun ini tidak seperti umumnya dilakukan dibanyak tempat yang biasanya hanya diisi dengan pengajian. Dalam Tarhib Ramadhan tahun ini digelar tiga kegiatan yaitu Pawai Tadzkirah, Seminar Kesehatan dan Pemeriksaan Darah Gratis.  

Pawai taddzkirah berupa pawai keliling kampung yang diikuti oleh anak-anak dan orang dewasa. Mereka berkeliling sambil mengajak warga muslim untuk ikut menyambut Ramadhan dengan penuh keceriaan. Anak-anak memakai busana muslim dan muslimah sambil membawa spanduk dan alat peraga berisi ajakan berpuasa. Ibu-ibu ikut menyemangati anak-anak dalam pawai dengan melantunkan shalawat dan nasyid. Koordinator pawai juga nampak berkobar-kobar semangatnya mengajak anak-anak meneriakkan yel-yel penyemangat menyambut puasa. Terlihat beberapa ibu-ibu membawa anak-anak balita dengan digendong menyusuri jalan perumahan.

“Mau apa kita?”
“ Puasa…Yes…Yes…Yes…Asyiiik!”
Demikian suara coordinator dan peserta pawai tadzkirah silih berganti memecahkan kesunyian pagi, ahad, 7 Juni 2015.

Acara pawai tadzkirah ini disambut meriah oleh warga. Para warga keluar rumah menengok iring-iringan pawai dengan senyum merekah. Ini bukti getaran jelang Ramadhan sudah mulai menyentuh hati-hati warga di kampung saya. Selama dua jam, dari pukul 07.00 – 09.00, suasana kampung saya begitu meriah dengan aktifitas “blusukan” anak-anak dan orang tua yang berpawai mengajak sesama warga bersemangat menyambut Ramadhan.

Usai pawai yang sebagian besar didominasi anak-anak, kini acara Tarhib Ramadhan beralih ke Seminar Kesehatan, bertajuk “Hidup Sehat ala Rasulullah SAW” yang dilaksanakan di ruang utama Masjid Nurul Huda. Seminar kesehatan ini membedah tentang rahasia sehat Muhammad SAW dan bagaimana kita bisa menjaga kesehatan dan bugar saat menjalankan puasa. Salah satu rahasia kesehatan RAsulullah SAW adalah pola makan yang sehat, dimana kebutuhan makanan, minuman, udara seimbang serta waktu dan tatacara makan yang mendukung bekerjanya organ tubuh dengan optimal. Bu Siti, praktisi Thibbun Nabawi, pembicara seminar kesehatan ini, memberi contoh tentang minum air putih yang benar. Minum air putih adalah kebutuhan utama tubuh, dimana tubuh manusia membutuhkan setidaknya satu liter air setiap berat badan 25 kg. Selain kuantitas yang cukup, cara minum juga harus tepat, yaitu tidak meminum air segelas dalam sekali teguk dan dalam posisi badan duduk.
Seminar Kesehatan "Shaum Sehat ala Rasulullah SAW (dok. Siddik Thoha)
Setelah Seminar usai, para orang dewasa tidak segera bubar. Mereka segera beranjak ke ruang TPA (Taman Pendidikan Al Quran) untuk pemeriksaan darah gratis. Acara ini adalah rangkaian dalam rangka menyiapkan diri menyambut Ramadhan (Tarhib). Sebagian besar pemeriksaan darah dihadiri oleh ibu-ibu. Mereka dengan sabar mengantri sambil berdebar-debar untuk mengetahui kondisi terakhir kualitas kesehatan yang dilihat dari tekanan darah, kadar gula darah, kadar asam urat dan kadar kolesterol. Beragam wajah tergambar dari ibu-ibu setelah melihat hasil pemeriksaan darah mereka. Ada yang senyum-senyum, ada yang datar wajahnya dan ada yang sangat serius membaca hasil cek darah masing-masing. Sementara tim pemeriksaan gula darah gratis dari Rumah Sehat Herbal Nutifa tampak cukup kewalahan merespon antusiasme warga desa Benteng yang begitu tinggi memeriksakan darahnya.

Pemeriksaan Darah Gratis oleh Rumah Sehat Herbal Nutifa (dok. Siddik Thoha)
Di tempat lain, di rumah salah satu warga, digelar juga Cucurak (makan-makan bersama menjelang bulan puasa) bersama 90 anak yatim dan dhuafa. Anak-anak yatim dan dhuafa sangat senang bisa ikut  dalam tarhib Ramadhan. Usai dapat bingkisan snack dari panitia Pawai Tadzkirah, mereka menikmati nasi bungkus dari donatur Komunitas Pohon Inspirasi. Senyum mereka demikian cerah, secerah Ramadhan yang akan kita sosngsong beberapa hari lagi.

Cucurak anak-anak binaan KPI (Dok. Siddik Thoha)
Sungguh, rangkaian kegiatan Tarhib Ramadhan ini membuat hati saya bergetar (meminjam ungkapan Pak Jokowi). Bergetar karena antuasiasme warga menyambut Ramadhan dengan persiapan yang beragam dan penuh semangat. Mereka menyatu dalam kebersamaan. Mereka berbagi kepada sesama yang membutuhkan. Mereka juga menyiapkan diri agar maksimal dalam menyambut tamu mulia bernama bulan suci Ramadhan.

Ini kegiatan saya dan warga kampung saya menyambut Ramadhan. Bagaimana dengan di kampung kawan-kawan?

2 komentar:

nonton flim online mengatakan...

asiknya menyambut ramadhan...
makasi gan infonya ...mantap postingan nya gan..

PAK BUDIMAN DI MALANG mengatakan...

saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates