Apa Kabar Sahabat POHON INSPIRASI

Blog Berbagi Cinta dan Inspirasi untuk Alam

Jumat, 16 Maret 2012

Jumat, 16 Maret 2012

Belajar Kehidupan dari Benih

Benih dari Berbagai Jenis Pohon (dok. Dr. Irdika Mansur - Fahutan IPB)
Benih atau biji dari tumbuh-tumbuhan yang sepertinya sebuah benda mati karena tidak dapat berpindah tempat sendiri. Ternyata benih merupakan meruakan mahluk hidup yang mengemban tanggungjawab besar dalam kehidupan spesiesnya. Benih adalah simbol kehidupan dan eksistensi sebuah spesies. Meski harus menemuh jalan panjang benih tetap harus melanjutkan hidup dan pertumbuhannya agar spesiesnya tetap eksis dan berkembang di muka bumi.

Tuhan telah melengkapi benih dengan berbagai perangkat agar fungsinya sebagai penebar kebaikan di alam semesta ini bisa berlangsung. Berikut perlengakapan yang diberikan Tuhan pada Benih :


  1. Benih memiliki “bungkus” berserat supaya mengambang terbawa arus air dan terdampar jauh dari induknya. Pada saat itu sedang mengemban tugas untuk menyebarkan spesies dan manfaat yang terkandung padanya.
  2. Benih dikaruniai “baju” yang tebal dan keras supaya bisa tetap “beristirahat seperti mati suri”. Ini untuk melindungi dari udara terlanpau dingin untuk tumbuh. Bila dipaksa tumbuh pada suhu yang tidak sesuaiia kan mati dan generasi turunan berikutnya akan punah.
  3. Ada benih yang diberi pemanis yang menarik atau bau yang merangsang sehingga bisa menarik binatang untuk dibawa pindah ke berbagai tempat. Bahkan benih yang jatuh di pangkal cabang tumbuhan lain dimana ia bisa tumbuh di situ, karena terjamin makanannya.
  4. Ia diberi perlengkapan seperti sayap supaya bisa tertiup angin hingga “terbang” jauh menyebarkan spesiesnya.
  5. Benih ada yang berada di dalam buah lalu dimakan binatang yang menyukainya atau masuk ke dalam perut binatang dan dicerna hingga saatnya dikeluarkan sebagai tinja dan dijatuhkan dimana saja.
  6. Benih mempunyai alat pengait pada kulitnya sehingga bisa tersangkut pada bulu binatang atau celana manusia dan terbawa kemana-mana.


Mempelajari rahasia benih, kita akan memahami bagaimana Tuhan Sang Mahapencipta, memelihara dan memberi makan seluruh ciptaanNya. Tumbuhan memang bisa mati, namun cintanya sungguh masih ia tinggalkan untuk manusia dan makhluk-makhluk lainnya yang membutuhkan keberadaannya. Tumbuh-tumbuhan tetap memberi meski ia mati.

Benih yang ia titipkan pada angin akan bersemi di seluruh penjuru mata angin. Benih yang ia titipkan pada air, akan menyeruak tumbuh di tempat yang mungkin tidak kita bayangkan sebelumnya. Benih yang ia titipkan pada serangga, akan dibawa dengan setia lalu ditempatkan di tanah terbaik yang memungkinkannya untuk tumbuh. Mereka, benih-benih yang telah dititipkan, akan terus berkembang meneruskan cinta tumbuhan sebelumnya.

Inilah sebenranya ilmu yang diperlukan bagi mereka yang mempersiapkan diri menjadi pemimpin.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates