Apa Kabar Sahabat POHON INSPIRASI

Blog Berbagi Cinta dan Inspirasi untuk Alam

Rabu, 09 Januari 2013

Rabu, 09 Januari 2013

Memaknai Sejarah Seperti Pohon



Asal kata sejarah itu adalah “Syajarah” yang dalam bahasa Arab berarti pohon. Makna pohon sangat dekat dengan sejarah yang kita pahami selama ini. Pohon memiliki tiga bagian utama yaitu akar, batang dan tajuk. Tajuk terdiri dari kesatuan cabang, ranting dan dedaunan. Tiga bagian pohon tersebut saling berhubungan satu sama lain. Satu bagian terganggu maka akan mengganggu bagian lainnya.

Misalnya, dedaunan terserang hama sehingga banyak daun menguning atau rontok. Kehidupan pohon dengan dedaunan yang rusak akan terganggu karena fungsi fotosintesis yang membutuhkan peran daun, tidak berjalan. Akhirnya, proses pembentukan makanan yang diperlukan pohon untuk pertumbuhannya tidak berlangsung dan pohon lama kelamaan akan mati.

Begitupula dengan kerusakan atau gangguan pada batang. Batang pohon yang diserang hama atau penyakit misalnya, akan mengalami kerusakan bagian penting penyalur makanan dari daun ke seluruh bagian tanaman. Batang sebagai penyangga berdirinya pohon akan rapuh atau melapuk akibat serangan penyakit. Akibatnya, penyakit bisa menjalar ke seluruh bagian pohon sehingga pohon mudah tumbang dan kemudian mati.

Bagian terpenting dari pohon adalah akar. Seringkali kita melihat batang pohon yang gagah dan kokoh serta tajuk yang menjulang tinggi tiba-tiba ambruk menimpa permukaan tanah. Ternyata, akar pohon yang tumbang tersebut sudah rapuh atau melapuk  akibat terserang penyakit. Akar yang lemah dan tak lagi mampu mengikat kuat dipermukaan tanah akan meruntuhkan pohon yang tadinya berdiri tegak dan kokoh.

Sejarah merupakan urutan peristiwa yang saling terkait. Satu peristiwa pada masa kini tak lepas dari peristiwa waktu sebelumnya. Perjalanan seseorang yang mencapai sukses saat ini tidak lepas dari sejarah masa lalunya. Masa lalu yang menyimpan  kegetiran, kepahitan dan kepedihan merupakan bagian dari proses yang harus dilalui seorang yang menggapai kesuksesan masa kini.

Karenanya, ada istilah yang sering disebutkan bila mengaitkan peristiwa saat ini dengan masa lalu yaitu akar sejarah. Ya, sejarah erat dengan akar yang secara mudah bisa dilihat dari fungsi akar pada pohon. Akarlah pertama kali tumbuh dan kemudian perlahan-lahan memunculkan tunas dan menumbuhkan batang. Melalui akar yang makin kokoh, pohon kemudian tumbuh dan berkembang menjadi tumbuhan besar dan memberi banyak manfaat.

Merunut sejarah seseorang atau peristiwa laksana merenungi keberadaan dan kehidupan pohon. Sejarah manusia yang diberi kesuksesan di masa lalu selalu menjadi inspirasi bagi manusia masa kini untuk meniru kesuksesan mereka. Sebaliknya, manusia atau komunitas yang di masa dulu terkena musibah atau bencana besar menjadi renungan manusia zaman sekarang untuk tidak mengikuti jejak mereka agar terhidar dari kecelakaan. Dan pada pohon, sosok pohon yang kokoh berasal dari kuat dan kokohnya akarnya. Sebaliknya, pohon yang tumbuh dengan kerontang dan kerdil karena akar-akarnya tidak berfungsi atau bahkan rusak.

Sangatlah perlu kita menyimak Sabda Tuhan dalam kitab Suci, betapa DIA member kunci-kunci tentang meraih kebahagiaan dan keberhasilan dengan menggambarkan kejayaan kaum yang pernah ada di masa lalu. Sebaliknya, Tuhan mengingatkan pada kita bahwa manusia ini akan hancur dan mendapat siksaan apabila mengikuti jejak dan perilaku bangsa atau kaum yang dulunya pernah dimusnahkan atau dihukum oleh-Nya. Semua sangat gambalang dan mudah dicerna apabila kita serius merenungi ayat-ayat yang kit abaca dari kumpulan firman-Nya di Kitab Suci.

Tuhan membeberkan bagaimana bangsa-bangsa yang dulu Berjaya karena memiliki tingkat kedekatan yang tinggi pada Tuhan-Nya serta berkarakter kuat penuh teladan kebaikan. Tuhan juga menghamparkan perjalanan sejarah kaum-kaum yang durhaka, memperturutkan hawa nafsu dan penuh kesombongan yang akhirnya menjadi pelajaran berharga untuk tidak dijadikan contoh hidup bagi manusia kini. Bangsa-bangsa yang tertinggal dan berada pada titik nadir di zaman kini memiliki karakter yang tak berbeda dengan kisah-kisah abadi dari kaum-kaum terhina di masa lalu.

Maka DIA selalu mengingatkan manusia, “Renungilah, hai orang-orang yang berakal!”

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates