Apa Kabar Sahabat POHON INSPIRASI

Blog Berbagi Cinta dan Inspirasi untuk Alam
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Sabtu, 11 Juni 2011

Sabtu, 11 Juni 2011

Pohon Cinta

POHON CINTA
Oleh : Achmad Siddik Thoha


Sebuah pohon yang kita lihat seolah hanya terdiam tak bergerak. Ia hanya bergerak ketika ada tenaga yang menggoyang batang dan daunnya. Bahkan dia tak akan melawan ketika manusia menyakitinya bahkan akan menebangnya. Seolah pohon patut dikasihani dan tak punya apapun.


Namun pohon memberikan apa yang tak sanggup manusia beri. Pohon memberi manfaat tak terhingga. Bahkan pohon yang seharusnya makhluk yang menerima karena ”tidak berdaya” justru Ia sanggup memberi yang terbaik.


Pohon tak pernah ingkar dan khianat dalam tugasnya. Setiap saat pohon tak henti mengeluarkan oksigen yang kita butuhkan untuk hidup. Tak kenal lelah pohon menghisap udara kotor kita, karbondioksida, hingga udara menjadi bersih dan sejuk. Secara disiplin Ia memekarkan buah dan meruntuhkan buahnya saat musim buah. Lewat akarnya, pohon bisa menahan air dan tanah hingga melindungi dari kekeringan dan longsor. Lewat daunnya yang lebat setiap hari memberi kelembaban pada udara kita dan menyumbang bagi turunnya hujan.


Bahkan saat pohon disakiti, ia tetap memberikan cintanya. Manusia membuang kotoran dibalik pohon, ia tetap emberikan kesejukan dan menetralisir bau lewat kelembaban tanah dan bunga yang wangi. Manusia melemparya dengan batu, ia membalas dengan buah dan bunga. Manusia melukai dan mencongkel batangnya, ia membals dengan getah dan buah yang lebat.


Pohon mengajari cinta tak terbatas. Cinta yang tumbuh dalam suka dan duka. Kekuatan memberi yang tak pernah pudar. Bahkan saat suasana yang menyakitkan yang menimpa pohon, ia sanggup memberi cinta terbaiknya. Cinta pohon bagi lingkungan akan berakhir saat dia mati. Tapi ingat, dia telah menyebarkan cintanya ke wilayah lebih luas dengan menyebar bijinya melalui angin, air, serangga dan hewan lain.


Oh Pohon, bisakah aku belajar dari cintamu yang tak pernah mati. True love is never ending. This is the Love of Tress.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates